Steering Gear terbagi menjadi dua yaitu hidrolik dan elektrohidrolik. Seperti mobil, kontrol utama pengemudian kapal berada di steering wheel.
Steering Gear Hidrolik tipe 4 ram. Terdapat 4 silinder hidrolik yang menempel ke 2 lengan aktuator. Silinder ini disambungkan ke pompa hidrolik yang digerakan secara elektric dan menghasilkan tekanan hidrolik melalui pipa.
Kemudian tekanan ini menggerakan silinder hidrolik yang bekontak dengan aktuator dan ujungnya menggerakan rudder stock. jadi, gerakan rudder dipengaruhi oleh aksi dari pompa hidrolik.
Peraturan yang harus diketahui terkait steering gear:
1. Steering Gear harus mampu menggerakan rudder stock dari 35 derajat port side ke 35 derajat starboard side dan sebaliknya dalam waktu 28 detik, dalam kecepatan maksimum dan di summer load water line.
2. Dengan satu unit tenaga yang beroperasi, rudder harus mampu membelok 15 derajat port ke 15 degree starboard selama 1 menit, dengan kapal di summer load line.
Pada steering gear unit tenaga utama dan sistem kontrol harus digandakan agar jika salah satu gagal yang lain dapat menggantikannya.
Dalam sistem tersebut menyediakan unit tenaga tambahan yang terhubung ke suplai daya darurat dari generator darurat, mampu membelokkan rudder dari 15 derajat port ke 15 degree starboard dalam 1 menit dengan kapal yang bergerak di kecepatan maksimum.