Yuk Ketahui Bagian Engine Room Kapal!

Engine room kapal merupakan sebuah ruang yang terdapat mesin – mesin penting kapal, yang memiliki fungsi berbeda – beda. Ruang tersebut adalah ruangan yang sangat penting karena menjadi sumber kehidupan bagi kapal, tanpa ruangan ini kapal tidak dapat beroperasi.

Sehingga persiapan di ruangan ini harus benar – benar untuk menjaga keselamatan ketika kapal berlayar. Bagian – bagian engine room kapal yang dimaksud adalah sebagai berikut:

1. Workshop

Workshop adalah bagian pertama di ruang mesin. Mendengar namanya ruangan ini tidak jauh dari fungsi perbengkalan, tentunya dibagian ini akan siap sedia sewaktu – waktu untuk memperbaiki kapal, ketika terjadi kerusakan mesin kapal.

Beberapa perlatan yang berada di workshop yaitu mesin bubut, bor mesin duduk, kunci – kunci penting, meja kerja dan peralatan atau kompenen kecil lainnya. Pelaratan dan kunci mulai dari yang kecil hingga besar tidak boleh terlewatkan untuk dibawa, karena berguna untuk proses service pada mesin kapal.

2. Auxiliry Machinery

Fungsi dari bagian Auxiliry Machinery para ruang mesin berfungsi untuk menunjang kinerja dari kerja mesin induk agar selalu berjalan dengan lancar. Pompa yang berkeja untuk segala arah adalah bagian yang terpenting dari auxiliry machinery.

Pompa yang dimaksud adalah pompa yang dapat memindahkan fluida dalam terkture bubur, cair maupun dalam bentuk gas. Selain itu, manfaat pompa juga dapat digunakan untuk proses pendingin, transfer bahan bakar, sirkulasi udara, pemadam kebakaran dan lainnya.

3. Auxiliry Engine

Sedangkan Auxiliry Engine adalah bagian yang bekerja khusus untuk menghasilkan kelistrikan. Gerakannya memanfaatkan generator untuk membuat tenaga listrik itu sendiri. Tenaga ini digunakan untuk memasok kebutuhan listrik termasuk fungsi penerangan.

Umumnya pada bagian ini harus memiki dua unit untuk satu kapal. Tetapi, kapal boleh saja memiliki lebih dari dua jenis namun, tidak boleh kurang. Hal ini bertujuan apabila memiliki dua unit kapal, jika yang satunya rusak, bisa menggunakan kapal lainnya.

4. Main Engine

Bagian main engine bertugas untuk mengubah panas menjadi tenaga mekanik dengan memanfaatkan baling – baling dan gerakan maju mundur. Lalu, jumlah yang harus dimiliki umumnya dua unit.

Memang hanya saja, pada bagian main engine memiliki biaya perawatan yang lebih mahal daripada bagian lainnya. Namun, dua unit cukup dijadikan cadangan ketika sewaktu – waktu dalam keadaan darurat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *